MACAM-MACAM I’RAB BISMILLAH
lafadz بسم الله الرحمن الرحيم tentu sering kali kita dengar dan ucapkan tapi tahukan anda bahwa lafadz بسم الله الرحمن الرحيم dalam ilmu nahwu dapat di baca sebanyak 12 bacaan.
yang rincian nya sebagai berikut:
بسم الله الرحمن الرحيم
Terdiri dari lima kalimat, yaitu:
ب- اسم – الله – الرحمن- الرحيم
I’rabnya ada beberapa macam:
1. yang di perbolehkan
1. بِ =
Huruf Jar Asliyyah lafdziyyah sima'iyah
اسْمِ =
kalimat isim, Majrur dengan ب Alamat jarnya di tandai dengan kasrah yang ada di ujungnya.karena isim mufrod. ب muta’allaq dengan fi’il yang buang. Takdirnya أؤلف
2. بِ
= Huruf Jar ziyadah
اِسْمِ =
Mubtada, marfu’ dengan ibtida’, alamat rafa’nya di tandai dengan dhammah yang ditakdirkan, tidak mungkin dinampakkan demi menghormati huruf jar ziyadah. Huruf jar ziayadah tidak butuh muta’allaq.
Khabar mubtada'nya adalah مَبْدُوْءٌ بِهِ yang dibuang. Takdirnya adalah : اِسْمُ اللهِ مَبْدُوْءٌ بِهِ.
juga menjadi Mudhaf
3. اللهِ
Mudhaf ilaih. Alamat jarnya di tandai dengan kasrah yang ada pada akhirnya.
karena isim mufrod.
4. الرحمنِ - الرحيمِ
- الرحمنِ =
Disifatkan kepada lafadh Allah. Alamat jarnya di tandai dengan kasrah.karena isim mufrod
- الرحيمِ =
Disifatkan kepada lafadh Allah. Alamat jarnya di tandai dengan kasrah. karena isim mufrod
Susunan lengkapnya menjadi:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Cara ini sesuai dengan qaidah Arabiyah dan seperti inilah بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ dibaca didalam al-Qur’an.
5. الرحمنِ - الرحيمُ
الرحمنِ =
Disifatkan kepada lafadh Allah. Alamat jarnya di tandai dengan kasrah. karena isim mufrod.
الرحيمُ=
Khabar mubtada yang dibuangkan. Alamat rafa’anya di tandai dengan dhamah. karena isim mufrod.
Takdirnya هُوَ الرَّحِيْمُ =
Susunan lengkapnya menjadi:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمُ
Cara ini sesuai dengan qaidah Arabiyah tapi tidak boleh dibaca pada basmalah dalam al-Qur’an.
6. الرحمنِ - الرحيمَ
الرحمنِ =
Disifatkan kepada lafadh Allah. Alamat jarnya di tandai dengan kasrah.
الرحيمَ =
Mansub dengan ta’dhim. Alamat nasabnya di tandai dengan fathah.
Susunan lengkapnya menjadi:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمَ
Cara ini sesuai dengan qaidah Arabiyah tapi tidak boleh dibaca pada basmalah dalam al-Qur’an.
7. الرحمنَ - الرحيمَ
الرحمنَ =
Mansub dengan mentaqdirkan lafadz اقصد به atau اعني به . Alamat nasabnya di tandai dengan fatah.
الرحيمَ =
Mansub dengan mentaqdirkan lafadz اقصد به atau اعني .Alamat nasabnya di tandai dengan fatah.
Susunan lengkapnya menjadi:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنَ الرَّحِيْمَ
Cara ini sesuai dengan qaidah Arabiyah tapi tidak boleh dibaca pada basmalah dalam al-Qur’an.
8. الرحمنَ - الرحيمُ
الرحمنَ =
Mansub dengan mentaqdirkan lafadz اقصد به atau اعني. Alamat nasabnya di tandai dengan fatah.
الرحيمُ =
Khabar mubtada yang dibuangkan. Alamat rafa’anya di tandai dengan dhammah.
Takdirnya هُوَ الرَّحِيْمُ =
Susunan lengkapnya menjadi:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنَ الرَّحِيْمُ
Cara ini sesuai dengan qaidah Arabiyah tapi tidak boleh dibaca pada basmalah dalam al-Qur’an.
9. الرحمنُ - الرحيمُ
الرحمنُ =
Khabar mubtada yang dibuangkan. Alamat rafa’anya di tandai dengan dhammah.
Takdirnya هُوَ الرَّحِيْمُ =
الرحيمُ =
Khabar mubtada yang dibuangkan. Alamat rafa’anya di tandai dengan dhammah.
Takdirnya هُوَ الرَّحِيْمُ =
Susunan lengkapnya menjadi:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيْمُ
Cara ini sesuai dengan qaidah Arabiyah tapi tidak boleh dibaca pada basmalah dalam al-Qur’an.
10. الرحمنُ – الرحيمَ
الرحمنُ=
Khabar mubtada yang dibuangkan. Alamat rafa’anya di tandai dengan dhammah.
Takdirnya هُوَ الرَّحِيْمُ =
الرحيمَ =
Mansub dengan mentaqdirkan lafadz اقصد به atau اعني. Alamat nasabnya di tandai dengan fatah.
Susunan lengkapnya menjadi:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيْمَ
Cara ini sesuai dengan qaidah Arabiyah tapi tidak boleh dibaca pada basmalah dalam al-Qur’an.
2. yang tidak di perbolehkan
11. الرحمنُ – الرحيمِ
Susunan lengkapnya menjadi:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيْمِ
Cara ini tidak sesuai dengan qaidah Arabiyah dan tidak boleh dibaca pada basmalah dalam al-Qur’an.
12. الرحمنَ – الرحيمِ
Susunan lengkapnya menjadi:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنَ الرَّحِيْمِ
Cara ini tidak sesuai dengan qaidah Arabiyah dan tidak boleh dibaca pada basmalah dalam al-Qur’an.
KESIMPULAN
Ada Sembilan wajah membaca basmalah dan terbagi tiga:
I. Sesuai dengan qaidah Arabiyah dan boleh dibaca dalam al-Qur’an, yaitu:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
II. Sesuai dengan qaidah Arabiyah tapi tidak boleh dibaca dalam al-Qur’an, yaitu:
1. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمَ
2. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمُ
3. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنَ الرَّحِيْمَ
4. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنَ الرَّحِيْمُ
5. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيْمُ
6. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيْمَ
III. Tidak sesuai dengan qaidah Arabiyah dan tidak boleh dibaca dalam al-Qur’an, yaitu:
1. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيْمِ
2. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنَ الرَّحِيْمِ
Lihat: muqqadimah taqrirot alfiyah cet.ploso kediri juz 1 hal 2
Komentar
Posting Komentar
terimakasih banyak...!
mohon kritik dan saran:
di sini