Mabadi’ Ilmu Shorof
Sebelum belajar lebih jauh tentang shorof, alangkah baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan yang namanya “ilmu shorof”. Untuk berkenalan dengan ilmu shorof, kita harus mengetahui 10 mabadi ilmu shorof.
Adapun mabadi ilmushorofialah:
1. Pengertian
حَدُّهُ عِلْمٌ يَبْحَثُ عَنْ صِيَغِ الْكَلِمَاتِ الْعَرَبِيَّةِ وَأَحْوَالِهَا الَّتِى لَيْسَتْ بِإِعْرَابٍ وَلَا بِنَاءٍ
Shorof adalah
Ilmu yang membahas tentang bentuk-bentuk dan keadaan katabahasa Arab yang tidak berkenaan dengani’rab dan binanya.
2. Nama
اِسْمُهُ عِلْمُ الصَّرْفِ وَعِلْمُ بُنْيَةِ الْكَلِمَاتِ
Nama ilmu ini adalah ilmu shorof dan ilmu membentuk kata.
3. Objek
مَوْضُوْعُهُ الْكَلِمَاتُ الْعَرَبِيَّةِ مِنَ الْأَسْمَاءِ الْمُعْرَبَةِ وَالْأَفْعَالِ الْمُتَصَرِّفَةِ فِى حَالَ إِفْرَادِهَا قَبْلَ انْتِظَامِهَا فِى الْجُمْلَةَ وَأَمَّا أَسْمَاءِ الْمَبْنِيَةِ وَالْأَفْعَالِ الْجَامِدَةِ وَالْحُرُوْفِ فَلَيْسَ مِنْ مَوْضُوْعِ هَذَا الْعِلْمِ
Objek ilmu shorof adalah kata-kata bahasa Arab dari isim mu’rob dan fiil mutashorrif ketika berdiri sendiri sebelum diletakkan dalam kalimat. Adapun isim mabni, fiil jamid dan huruf bukanlah objek ilmu ini.
4. Perintis
وَاضِعُهُ مُعَاذُ بْنُ مُسْلِم الْهَرَاء وَقِيْلَ أَبُو الْأَسْوَدِ الدُّؤَالِى
Perintisnya adalah Muadz bin Muslim al-Haro’, menurut pendapat lain Abu Aswad ad-Duali.
5. Kegunaan
ثَمْرَتُهُحِفْظُ اللِّسَانِ وَالْقَلَمِ عَنِ الْخَطَاءِ فَى ضَبْطِ الْكَلِمَاتِ الْعَرَبِيَّةِ وَالْمُسَاعَدَةُ عَلَى مَعْرِفَةِ الْأَصْلَ وَالْزَائِدِ مِنْ حُرُوْفِهَا وَمَا يُعَبَّرُ بِهَا مِنْ تَغْيِيْرِوَتَصْرِيْفٍ
Kegunaan ilmu shorof adalah menjaga lisan dan tulisan dari kesalahan dalam menempatkan kata-kata bahasa Arab dan membantu mengetahui huruf asli dan tambahan serta mengetahui perubahan kata.
6. Keutamaan
وَفَضْلُهُ فَوقَنُهُ عَلَى سَائِرِ الْعُلُوْمِ
Keutamaan ilmu shorof adalah mengungguli terhadap ilmulainnya. Para ulama mengatakan:
الصَّرْفُ أُمُّ الْعُلُوْمِ وَالنَّحْوُ أَبُوْهَا
“Shorof itu ibuya ilmu dan nahwu bapaknya”.
7. Hubungan
نِسْبَتُهُ لِبَقِيَةِ الْعُلُوْمِ التَّبَايُنُ
Hubungan ilmu nahwu dengan ilmu yang lain adalah berlainan.Saya analogikan seperti kulit domba dan sepatu. sepatu berbeda dengan kulit domba walaupun sepatuberasal dari kulit domba. Kulit domba ini diibaratkan shorof dan sepatuadalah ilmu selain shorof.
8. Rujukkan
وَاسْتِمْدَادُهُ مِنَ الْقُرْآنِ وَالْحَدِيْثِ وَكَلَامِ الْعَرَبِ الْفُصْحَاءِ
Rujukannya dari al-Qur’an, al-Hadits dan perkataan orang arab yang fasih.
9. Kajian
مَسَائِلُهُقَوَاعِدُهُ
Kajian dari ilmu shorof adalah kaidah-kaidah shorof. Kaidah yang dimaksud seperti tashrif, ‘ilal, idghom, dll.
10.Hukum
وَحُكْمُهُ الْوُجُوْبُ الْكَفَائِيُّ عَلَى كُلِّ نَاحِيَةٍ وَالْعَيْنِيُّ عَلَى قَارِئِ التَّفْسِيْرِ وَالْـحَدِيْثِ
Hukum mempelajarinya adalah fardhu kifayah bagi penduduk suatu daerah dan fardhu ain bagi pembaca tafsirdan hadits.
Demikianlah 10 mabadi' ilmu shorof yang perlu kita ketahui. Mudah-mudahan bermanfaat.
Sebelum belajar lebih jauh tentang shorof, alangkah baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan yang namanya “ilmu shorof”. Untuk berkenalan dengan ilmu shorof, kita harus mengetahui 10 mabadi ilmu shorof.
Adapun mabadi ilmushorofialah:
1. Pengertian
حَدُّهُ عِلْمٌ يَبْحَثُ عَنْ صِيَغِ الْكَلِمَاتِ الْعَرَبِيَّةِ وَأَحْوَالِهَا الَّتِى لَيْسَتْ بِإِعْرَابٍ وَلَا بِنَاءٍ
Shorof adalah
Ilmu yang membahas tentang bentuk-bentuk dan keadaan katabahasa Arab yang tidak berkenaan dengani’rab dan binanya.
2. Nama
اِسْمُهُ عِلْمُ الصَّرْفِ وَعِلْمُ بُنْيَةِ الْكَلِمَاتِ
Nama ilmu ini adalah ilmu shorof dan ilmu membentuk kata.
3. Objek
مَوْضُوْعُهُ الْكَلِمَاتُ الْعَرَبِيَّةِ مِنَ الْأَسْمَاءِ الْمُعْرَبَةِ وَالْأَفْعَالِ الْمُتَصَرِّفَةِ فِى حَالَ إِفْرَادِهَا قَبْلَ انْتِظَامِهَا فِى الْجُمْلَةَ وَأَمَّا أَسْمَاءِ الْمَبْنِيَةِ وَالْأَفْعَالِ الْجَامِدَةِ وَالْحُرُوْفِ فَلَيْسَ مِنْ مَوْضُوْعِ هَذَا الْعِلْمِ
Objek ilmu shorof adalah kata-kata bahasa Arab dari isim mu’rob dan fiil mutashorrif ketika berdiri sendiri sebelum diletakkan dalam kalimat. Adapun isim mabni, fiil jamid dan huruf bukanlah objek ilmu ini.
4. Perintis
وَاضِعُهُ مُعَاذُ بْنُ مُسْلِم الْهَرَاء وَقِيْلَ أَبُو الْأَسْوَدِ الدُّؤَالِى
Perintisnya adalah Muadz bin Muslim al-Haro’, menurut pendapat lain Abu Aswad ad-Duali.
5. Kegunaan
ثَمْرَتُهُحِفْظُ اللِّسَانِ وَالْقَلَمِ عَنِ الْخَطَاءِ فَى ضَبْطِ الْكَلِمَاتِ الْعَرَبِيَّةِ وَالْمُسَاعَدَةُ عَلَى مَعْرِفَةِ الْأَصْلَ وَالْزَائِدِ مِنْ حُرُوْفِهَا وَمَا يُعَبَّرُ بِهَا مِنْ تَغْيِيْرِوَتَصْرِيْفٍ
Kegunaan ilmu shorof adalah menjaga lisan dan tulisan dari kesalahan dalam menempatkan kata-kata bahasa Arab dan membantu mengetahui huruf asli dan tambahan serta mengetahui perubahan kata.
6. Keutamaan
وَفَضْلُهُ فَوقَنُهُ عَلَى سَائِرِ الْعُلُوْمِ
Keutamaan ilmu shorof adalah mengungguli terhadap ilmulainnya. Para ulama mengatakan:
الصَّرْفُ أُمُّ الْعُلُوْمِ وَالنَّحْوُ أَبُوْهَا
“Shorof itu ibuya ilmu dan nahwu bapaknya”.
7. Hubungan
نِسْبَتُهُ لِبَقِيَةِ الْعُلُوْمِ التَّبَايُنُ
Hubungan ilmu nahwu dengan ilmu yang lain adalah berlainan.Saya analogikan seperti kulit domba dan sepatu. sepatu berbeda dengan kulit domba walaupun sepatuberasal dari kulit domba. Kulit domba ini diibaratkan shorof dan sepatuadalah ilmu selain shorof.
8. Rujukkan
وَاسْتِمْدَادُهُ مِنَ الْقُرْآنِ وَالْحَدِيْثِ وَكَلَامِ الْعَرَبِ الْفُصْحَاءِ
Rujukannya dari al-Qur’an, al-Hadits dan perkataan orang arab yang fasih.
9. Kajian
مَسَائِلُهُقَوَاعِدُهُ
Kajian dari ilmu shorof adalah kaidah-kaidah shorof. Kaidah yang dimaksud seperti tashrif, ‘ilal, idghom, dll.
10.Hukum
وَحُكْمُهُ الْوُجُوْبُ الْكَفَائِيُّ عَلَى كُلِّ نَاحِيَةٍ وَالْعَيْنِيُّ عَلَى قَارِئِ التَّفْسِيْرِ وَالْـحَدِيْثِ
Hukum mempelajarinya adalah fardhu kifayah bagi penduduk suatu daerah dan fardhu ain bagi pembaca tafsirdan hadits.
Demikianlah 10 mabadi' ilmu shorof yang perlu kita ketahui. Mudah-mudahan bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar
terimakasih banyak...!
mohon kritik dan saran:
di sini